Materi Agama Kelas XI : Beriman kepada Kitab Allah

Baca juga


Materi Agama Kelas XI : Beriman kepada Kitab Allah

Materi Agama Kelas XI : Beriman kepada Kitab Allah
Beriman kepada Kitab Allah
Assalamualaikum Wr. Wb. Kali ini saya akan membahas tentang materi pelajaran Agama Islam kelas XI ya! Yang bertemakan 'Beriman kepada Kitab-kitab Allah Swt.

Beriman kepada kitab Allah termasuk ke dalam rukun iman yang wajib dipercayai oleh umat Islam. Iman kepada kitab Allah Swt. berarti menyakini dengan sepenuh hati kalau Allah Swt. telah menurunkan kitab-kitab nya kepada para Rosulnya. Kitab tersebut bertujuan untuk disampaikan kepada semua umat manusia pada jaman Nabi nya masing-masing. Di dalam kitab Al-Qur'an disebutkan kalau ada 4 kitab yang diturunkan oleh Allah Swt. kepada Nabi-nabi Nya. 4 kitab tersebut adalah Kitab Taurat kepada Nabi Musa as., Kitab Zabur kepada Nabi Daud as., Kitab Injil kepada Nabi Isa as., dan kitab yang terakhir adalah kitab yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. yaitu Al-Qur'an.

Baca juga : Hukum Bacaan Mad Shilah Thawilah beserta Contohnya di Alquran

Menurut surah Al-Maidah ayat 48, kitab-kitab yang dimaksud adalah kitab yang berisi peraturan, ketentuan, perintah, dan larangan yang menjadi pedoman untuk umat manusia. Kitab-kitab itu diturunkan di masa/waktu yang berbeda-beda. Semua kitab yang diturunkan oleh Allah Swt. itu berisikan ajaran dasar yang sama, yaitu pelajan untuk meng-esa-kan Allah Swt. atau bisa disebut pelajaran tauhid. Yang membedakan hanya dalam hal syariat yang disesuaikan/disamakan sama zaman dan keadaan umat manusia pada masanya.

Selain kitab-kitab yang diturunkan kepad para Rosul-Nya. Allah Swt. juga menurunkan wahyu kepada nabi-Nya. Wahyu itu berbentuk suhuf, yang dimaksud suhuf adalah wahyu Allah Swt. yang berupa lembaran-lembaran yang terpisah. Adanya suhuf di jaman dahulu juga disebutkan dalam Al-Qur'an, di surah Al-A'la ayat 18-19.

Kitab Allah Swt. yang diturunkan kepada Rasul-Nya:

1. Kitab Taurat

Kata Taurat berasal dari bahasa Ibrani (thora: intruksi). Kitab ini merupakan salah satu kitab suci yang diwahyukan oleh Allah Swt. kepada Nabi Musa as. Kitan tairat sendiri menjadi bimbingan dan petunjuk bagi kaum Nabi Musa as. yaitu Bani Israil.

Taurat adalah salah satu dari 3 komponen antara lain, Thora, Nabin, dan Khetibin yang terdapat di dalam kitab suci agama Yahudi yang dijuluki Biblia (al-Kitab). Oleh umat kristen sendiri dijuluki Old Testament yang  artinya perjanjian lama.

Kandungan pokok kitab Taurat disebut dengan Sepuluh Hukum (Ten Commandements) atau sepuluh firman. Sepuluh hukum itu diterima oleh Nabi Musa di atas Bukit Tursina (Gunung Sinai). Sepuluh hukum ini berisikan asas-asas keyakinan atau akidah dan asas-asas kebaktian atau syari'ah, antara lain.

  • Tiada Tuhan selain Allah Swt.
  • Jangan menyembah berhala
  • Jangan mempersekutukan Allah Swt.
  • Sucikan hari sabat atau hari Sabtu
  • Hormati kedua orang tuamu
  • Jangan membunuh
  • Jangan berzina
  • Jangan mencuri
  • Jangan bersumpah palsu atau bersaksi dusta
  • Jangan menginginkan milik orang lain atau menginginkan hak orang lain.

2. Kitab Zabur

Kata Zabur (bentuk jamaknya Zubur) zubara-yazrubu-zabr yang artinya menulis. Dalam bahasa Arab, Zabur dikenal dengan sebutan mazmur (mazamir). Dan dalam bahasa Ibrani, Zabur disebut mizmar, yaitu nyanyian rohani yang dianggap suci. Sebagian ulama mengatakan kalau mazmur itu salah satu kitab suci yang turunnya sebelum kitab suci Al-Qur'an (selain Taurat dan Injil).

Menurut bahasa Ibrani, makna Zabur asalnya dari kata zimra, yang mempunyai arti yaitu 'lagu atau musik'. Zamir (lagu) dan mizmor (mazmur), adalah pengembangan dari kata zamar, artinya "nyanyian, nyanyian pujian". Kitab Zabur adalah kitab suci yang diturunkan kepada Nabi Daud as. Kitab Zabur berisi tentang kumpulan ayat-ayat yang dianggap suci. Terdapat 150 surah yang tidak mengandung hukum-hukum ada di dalam Kitab Zabur ini. Kitab ini hanya berisi nasihat-nasihat, hikmah, pujian dan sanjungan kepada Allah Swt.

Secara umum, nyanyian rohani yang dinyanyikan oleh Nabi Daud as. dalam kitab ada 5 macam:
  • Nyanyian untuk memuji Tuhan (liturgi)
  • Nyanyian perorangan sebagai ucapan syukur.
  • Ratapan-ratapan jamaaah
  • Ratapan dan doa individu, serta
  • Nyanyian untuk raja.

3. Kitab Injil

Kitab Injil diwahyukan oleh Allah Swt. kepada Nabi Isa as. Kitab ini berisikan keterangan-keterangan yang benar dan nyata, yaitu perintah-perintah Allah Swt. agar manusia meng-esa-kan dan tidak menyekutukan-Nya dengan apapun. Dalam kitab Injil ini juga ada keterangan tentang akan lahirnya nabi akhir zaman atau nabi terakhir, yang bernama Ahmad atau Muhammad SAW.

Kitab Injil diturunkan sebagai petunjuk dan cahaya untuk umat manusia. Nabi Isa as. diutus untuk mengajarkan tauhid kepada umat manusia dan para pengikutnya. Tauhid disini berarti meng-esa-kan Allah dan tidak menyekutukan-Nya.

Kitab Injil dan Taurat yang saat ini sudah mengalami perubahan dan pergantian yang dilakukan oleh tangan manusia yang tidak bertanggung jawab. Kitab Injil yang sekarang berisi tulisan dan catatan tentang kehidupan atau sejarah hidup Nabi Isa as. Kitab ini ditulis oleh versi tulisan Matius, Markus, Lukas dan Yahya (Yohanna). Mereka itu sesungguhnya bukanlah orang yang dekat dengan masa hidup seorang Nabi Isa as. Menurut sejarah aslinya masih ada lagi Kitab Injil karya Barnaba. Isi dari Injil Barnaba ini sangat berbeda dengan isi empat kitab yang lainnya.

4. Kitab Al-Qur'an

Dan yang terakhir adalah kitab agama Islam, yaitu Kitab Al-Qur'an. Kitab ini diturunkan oleh Allah Swt. kepada Nabi Muhammad SAW. melalui malaikat-Nya, Jibril. Kitab Al-Qur'an turun secara berangsur-angsur selama kurang lebih 22 tahun 2 bulan 22 hari. Al-Qur'an berisi 30 juz, 114 surah, dan 6.236 ayat, 74.437 kalimat, serta 325.345 huruf.

Wahyu pertama yang diterima oleh Nabi Muhammad SAW. adalah surah Al-Alaq : 1-5 dan yang terakhir adalah surah Al-Maidah : 3. Ayat itu turun tanggal 9 Dzulhijjah tahun 10 Hijriyah saat berada di Padang Arafah, saat Nabi Muhammad SAW. sedang melaksanakan ibadah haji wada' (jaji perpisahan). Beberapa hari setelah menerima wahyu itu, Nabi Muhammad SAW. wafat. (Sumber referensi buku PAI kelas XI)

Jadi, itulah artikel mengenai 'Beriman kepada kitab-kitab Allah'. Sekian dulu dari saya. Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh....


Sekian dulu untuk artikel Materi Agama Kelas XI : Beriman kepada Kitab Allah kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kalian semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Materi Agama Kelas XI : Beriman kepada Kitab Allah dengan alamat link https://inovstudy.blogspot.com/2020/05/agama-beriman-kepada-kitab-Allah.html


EmoticonEmoticon