Tata Cara Membaca Al-Qur'an untuk para Pemula

Baca juga


Tata Cara Membaca Al-Qur'an untuk para Pemula

sumber dream.co.id

Assalamualaikum Wr. Wb.

Disini saya admin Inovstudy akan share tentang 'Tata Cara Membaca Al-Qur'an untuk para Pemula'.

Membaca Al-Qur'an memang sulit buat para pemula, apalagi sudah dewasa namun masih belum bisa membaca Al-Qur'an. Biasanya orang yang sudah dewasa lebih sibuk untuk mengurus pekerjaannya daripada membaca Al-Qur'an. Dan kalau sudah dewasa kalau belum bisa membaca Al-Qur'an, maka akan terjadi kerugian yang teramat sangat. Jadi, kalau sudah dewasa apalagi kalau sudah menginjak usia tua harus banyak-banyak membaca Al-Qur'an, karena akan sangat bermanfaat untuk hidupnya kelak nanti. Belajar Al-Qur'an sebaiknya dimulai sejak masih kecil, memulai dengan huruf Iqra' dan belajar mengenali tentang huruf Hijaiyah.

Membaca Al-Qur'an bagi seorang muslim itu wajib dilakukan dengan baik dan benar, seperti membaca dengan tajwid yang benar. Maka pahalanya akan dapat kalau membaca dengan tajwid yang benar. Dan kalau sholat pasti kita akan menbaca surat-surat pendek yang terdapat di Juz Amma. Karena itu, saya akan memberikan tips buat kalian cara untuk membaca Al-Qur'an bagi Pemula:

1. Mengenal huruf-huruf Hijaiyah

Huruf Hijaiyah adalah huruf abjad yang terdapat dalam Bahasa Arab yang memiliki jumlah 28 huruf. Tips pertama kalian wajib mengenal dan menghafal huruf Hijaiyah ini ya! Jika kalian sudah menghafal huruf Hijaiyah ini, maka kalian akan mudah untuk membaca Al-Qur'an. Karena dengan ini, merupakan modal awal kalian untuk membaca Al-Qur'an.

2. Mengenali Tanda Baca

Tips yang kedua adalah mengenali tanda baca. Tanda baca dalam bahasa Arab ada 4, yaitu Kasrah, Sukun, Fathah, dan Dhomah. Oleh sebab itu, kalian harus mengenali satu-satu tanda baca itu. Sesungguhnya tanda baca bahasa Arab tidak jauh beda dengan tanda baca bahasa Indonesia.

3. Memahami Isyarat Tanda Baca

Cara membaca Al-Qur'an terdapat banyak isyarat tanda baca, contohnya Mad Arid Lissukun dan Mad Wajib Muttasil. Mad arid lissukun ialah ketika ada huruf mad bertemu salah satu huruf hijaiyah di akhir kalimat. Maka cara membacanya harus dimatikan dulu, baru dipanjangkan.

Sedangkan Mad Wajib Muttashil ialah ketika ada huruf mad bertemu dengan hamzah pada satu kata, cara membacanya harus panjang lima harokat.

4. Mempelajari Ilmu Tajwid

Tips membaca Al-Qur'an dengan benar untuk pemula selanjutnya dengan mengenal bacaan tajwid. Ilmu tajwid perlu digunakan untuk mengetahui cara membunyikan huruf dan kalimat Al-Qur'an dengan baik dan benar.

Ilmu tajwid terbagi menjadi beberapa jenis, seperti bacaan yang mendengung, samar-samar, dan dibaca jelas. Layaknya Anda belajar grammar dalam bahasa Inggris.

Mengenal tajwid antara lain, ikhfa, bacaan Idgham, bacaan Idzhar, bacaan Iqlab dan masih banyak lagi.

5. Langsung Praktek Membaca Al-Qur'an

Tips yang kelima adalah langsung praktek membaca Al-Qur'an, karena kalau tidak begitu kalian tidak akan cepat fasih dalam membaca Al-Qur'an. Akan lebih baik saat praktek membaca Al-Qur'an ada pembimbingnya seperti, guru ngaji yang sudah ahli atau orang lain kayak teman atau orang tua yang jago mengaji. Dengan di dampingi kalian akan merasa nyaman, karena kalau salah nanti akan ada yang membenarkannya.

Baiklah, itulah Tata Cara Membaca Al-Qur'an untuk para Pemula, semoga bermanfaat buat kalian semuanya. Jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya!

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.


Sekian dulu untuk artikel Tata Cara Membaca Al-Qur'an untuk para Pemula kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kalian semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Tata Cara Membaca Al-Qur'an untuk para Pemula dengan alamat link https://inovstudy.blogspot.com/2020/05/tata-cara-membaca-al-quran-untuk-para.html


EmoticonEmoticon