Belajar Kimia Kelas X SMA Teori Atom Dalton

Baca juga


Belajar Kimia Kelas X SMA Teori Atom Dalton

Belajar kimia merupakan hal yang sangat asyik dalam kehidupan kita, karena dengan belajar kimia kita akan mengenal lebih dalam tentang ilmu alam yang belum kita ketahui, karena banyak yang harus kita ketahui mengenai ilmu kimia. Nah, di artikel ini kami akan membahas tentang Belajar Kimia Kelas X SMA Teori Atom Dalton tersebut secara lengkap dan komplit pastinya. Silahkan disimak!
Teori Atom Dalton Inovstudy
Teori Atom Dalton

Teori Atom Dalton berkembang berdasarkan hukum kekekalan massa dan perbandingan tetap. Banyak sekali teori yang menjelaskan tentang definisi atom hingga saat ini. Teori yang paling tua dikenal hingga saat ini adalah Terori Atom Dalton. Seperti yang kalian tahu, John Dalton adalah seoang guru sekolah di Inggris, yang mengemukakan teorinya pada tahun 1805.
John Dalton Inovstudy
John Dalton

Teori Atom Dalton, sebagai berikut:
  • Semua materi terdiri atas partikel yang tak dapat dibagi lagi yang disebut atom.
  • Atom adalah unit terkecil dari materi yang dapat berpengaruh terhadap reaksi kimia.
  • Atom dari unsur yang sama adalah serupa dalam hal bentuk dan massa, tetapi atom unsur satu berbeda dari unsur lain. 
  • Atom tidak dapat diciptakan maupun dihancurkan.
  • Atom dari unsur yang sama dapat bergabung dalam lebih dari satu rasio untuk membentuk dua atau lebih senyawa.
  • Atom unsur yang berbeda dapat digabungkan satu sama lain dalam rasio tertentu untuk membentuk senyawa.
  • Atom-atom bergabung membentuk molekul dengan angka perbandingan bilangan bulat sederhana.
  • Pada pembentukan senyawa terjadi ikatan antar penyusun senyawa tersebut.
Semua penemuan yang ada di dunia ini pasti ada kelebihan dan kekurangannya, nah di Teori Atom Dalton ini juga memiliki kelebihan serta kekurangan, sebagai berikut.
 Kelebihan Teori Atom Dalton
  • Dalton adalah orang pertama yang mengakui perbedaan yang bisa diterapkan antara partikel dari suatu unsur (atom) dan dari senyawa (molekul).
  • Memungkinkan kita untuk menjelaskan hukum kombinasi kimia.
Kekurangan Teori Atom Dalton
  •  Menurut Dalton, atom-atom dari unsur yang sama adalah sama dalam segala hal. Pernyataan ini tidak benar karena atom dari beberapa unsur berbeda dalam hal massa dan kepadatan. Atom seperti ini dari unsur yang sama mempunyai massa yang berbeda yang disebut isotop. Contohnya, klorin memiliki dua buah isotop yang memiliki nomor massa 35 dan 37 satuan massa atom (SMA).
  • Dalton juga mengatakan atom elemen yang berbeda beda dalam satu hal. Hal ini telah terbukti salah dalam kasus-kasus tertentu seperti atom argon dan atom kalsium, yang mempunyai massa atom yang sama, yaitu 40. Atom unsur berbeda yang memiliki massa atom yang sama disebut isobar.
  • Ketidakterpisahan atom terbukti salah, karena atom dapat dibagi lagi menjadi proton, neutron, dan elektron. Namun atom adalah partikel terkecil, yang sangat berpengaruh dalam reaksi kimia.
  • Menurut Dalton atom unsur yang berbeda bergabung dalam rasio nomor sederhana keseluruhan untuk membentuk senyawa. Hal ini tidak terlihat pada senyawa  organi kompleks seperti gula C12H22O11.
  • Teori ini gagal untuk menjelaskan keberadaan alotrop. Perbedaan sifat arang, grafit, berlian tidak dapat dijelaskan karena ketigannya terdiri dari atom yang sama yaitu karbon.
Nah, demikian penjelasan kami tentang Belajar Kimia Kelas X Teori Atom Dalton. Semoga dengan kita belajar kimia dan pelajaran yang lain dapat memberikan manfaat bagi diri kita sendiri maupun orang lain. Semoga bermanfaat!


Sekian dulu untuk artikel Belajar Kimia Kelas X SMA Teori Atom Dalton kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kalian semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Belajar Kimia Kelas X SMA Teori Atom Dalton dengan alamat link https://inovstudy.blogspot.com/2018/09/belajar-kimia-kelas-x-sma-teori-atom.html


EmoticonEmoticon