Resensi Novel Sang Pemimpi Lengkap Dengan Gambar

Baca juga


Resensi Novel Sang Pemimpi Lengkap Dengan Gambar


sumber : docplayer.info

1. Identitas Novel Sang Pemimpi


Judul Buku : Sang Pemimpi
Pengarang : Andrea Hirata
Penerbit : PT. Bentang Pustaka
Kota Terbit : Yogyakarta
Tahun Terbit : 2016
Tebal Halaman : 248 Halaman

2. Sinopsis Novel Sang Pemimpi

            Novel Sang Pemimpi ini dikarang oleh Andrea Hirata. Novel ini diterbitkan oleh PT. Bentang Pustaka pada tahun 2016 di Yogyakarta ini memiliki tebal halaman sebanyak 248 halaman. Novel ini menceritakan tentang semangat beberapa anak pedalaman dalam meraih mimpi mereka untuk menjadi orang sukses.
            Ikal adalah salah satu tokoh dari laskar pelangi dan Arai merupakan saudara sepupu yang sudah menjadi yatim piatu sejak SD dan Arai tinggal di rumah Ikal. Dirumah Ikal, Arai sudah dianggap sebagai anak sendiri oleh ayah dan ibu Ikal. Dan Jimbron adalah anak angkat dari seorang pendeta karena Jimbron yatim piatu sejak kecil. Tetapi pendeta tersebut tidak memaksakan Jimbron akan keyakinanya. Malah pendeta itu membantu mengantarkan Jimbron untuk menjadi muslim yang taat beribadah. Setelah lulus SMP, Ikal, Arai, dan Jimbron hendak melanjutkan ke SMA. Di situlah perjuangan dan mimpi-mimpi mereka dimulai.
            Ikal dan Arai termasuk murid yang pandai di sekolahnya, sedangkan Jimbron yang biasa-biasa saja. Jimbron mendapat peringkat 78 dari 160 siswa, sedangkan Arai dan Ikal yang selalu mendapat peringkat 5 besar. Mereka memiliki mimpi yang sangat tinggi, karena bagi Arai, orang susah seperti mereka tidak akan berguna tanpa mimpi-mimpi tersebut. Mereka pernah memiliki mimpi yang sama, yaitu belajar di Kota Sorbonne, Perancis. Mereka sangat terpukau dengan cerita kepala sekolah mereka, yaitu Pak Belia.
            Kerja keras menjadi kuli yang dimulai dari jam dua pagi sampai pukul tujuh dan dilanjutkan dengan sekolah mulai mereka jalani. Hal itu merupakan salah satu perjuangan mereka dalam mewujudkan mimpi-mimpi mereka. Mereka pernah berpikir bahwa tabungan mereka tidak akan cukup untuk belajar di Perancis, akan tetapi sifat optimis mereka tetap berkobar. Mereka yakin jika ada usaha keras dan berusaha dengan sungguh-sungguh semua mimpi pastilah akan mudah untuk diraih.
            Setelah mereka lulus SMA, Arai dan Ikal merantau ke Bogor, Jawa Barat. Sedangkan Jimbron lebih memilih untuk bekerja menjadi peternak kuda di Belitung. Jimbron menghadiahkan kedua celengan kuda yang berisi uangnya yang selama ini ia tabung kepada Ikal dan Arai untuk membantu biayanya di Bogor. Jimbron yakin, jika Arai dan Ikal dapat sampai dan berhasil ke Perancis, maka jiwa jimbron akan selalu bersamanya. Berbulan-bulan mereka kesulitan di Bogor. Lalu Ikal pun bekerja sebagai tukang sortir. Dan sedangkan Arai memutuskan untuk merantau ke Kalimantan. Tahun berikutnya, Ikal sudah mempunyai cukup biaya untuk kuliah. Ia memutuskan untuk kuliah di Universitas Indonesia. Dan setelah berhasil lulus S1, ia melanjutkan ke S2 dan ia berhasil mendapat beasiswa S2 di Eropa.
            Kelebihan novel ini terdapat pada sampulnya yang sangat menarik dan alur ceritanya yang sangat menarik. Namu novel ini juga memiliki kekurangan, seperti terdapat beberapa kata yang sulit dipahami dan terdapat urutan cerita yang tidak runtut. Novel ini sangat cocok untuk dibaca oleh para remaja hingga dewasa karena bisa diambil manfaat dari  novel ini, menambah wawasan dan dapat memberi motivasi serta semangat dalam menuntut ilmu dan bercita-cita setinggi langit hingga menjadi orang yang sukses.
Baca Juga : Resensi Novel Laskar Pelangi Lengkap dengan Gambar

A. Tema

Persahabatan dan perjuangan dalam mengarungi kehidupan dan kepercayaan terhadap kekuatan sebuah mimpi.

B.    Tokoh

1. Ikal : BaikHati,Optimis,peduli, pintar.
2. Arai :Perhatian, Kreatif,Tulus,Gigih.
3. Jimbron : Tabah,Baik hati,Polos
4. Pak Mustar : Disiplin,Tegas,Peduli
5. Bapaknya Ikal : Pendiam, Bijaksana
6. Ibunya Ikal : Perhatian, Baik hati
7. Bapak Drs. J.I Balia : Bijaksana,Pintar

C.   Alur

Novel ini menggunakan alur campuran (maju dan mundur). Alur maju ketika pengarang menceritakan tokoh dari lulus SMP sampai kuliah. Dan alur mundur ketika menceritakan saat tokoh masih kecil.

Latar suasana :

a. Bersemangat
b. Putus asa
c. Kerja keras
d. Kebersamaan

Latar sosial :

a. Belajar
b. Bekerja
c. Bermain

Kelebihan and Kelemahan

1. Kelebihan

Dari segi kekayaan bahasa hingga kekuatan alur yg mengajak pembaca masuk dlam cerita hingga merasakan tiap latar yg terdeskripsikan secara sempurna. Hal nih tak lepas dari kecerdasan penulis memainkan imajinasi berfikir yg dituangkan dgn bahasa-bahasa intelektual yg berkelas. Penulis juga menjelaskan tiap detail latar yg mem-background-i adegan demi adegan, sehingga pembaca selalu menantikan and menerka-nerka setiap hal yg akan terjadi. Selain itu, kelebihan lain daripada novel nih yaitu kepandaian Andrea dlam mengeksplorasi karakter-karakter sehingga kesuksesan pembawaan yg melekat dlam karakter tersebut begitu kuat.

2. Kekurangan

Pada dasarnya novel nih hampir tiada kekurangannya. Karena penulis dengan cerdas dan bagus menggambarkan keruntutan alur, deskripsi setting, and eksplorasi kekuatan karakter. Baik ditinjau dari segi kebahasaan maupun sensasi yang dirasakan pembaca sepanjang cerita.

  D.    Sudut Pandang

Pengarang menggunakan sudut pandang pertama serba tahu “aku” untuk tokoh utama (Ikal) dan sudut pandang ketiga pengamat untuk tokoh pendukung.

  E.    Gaya Bahasa

Penuh inspirasi dan imajinasi. menggunakan kata-kata yang mudah dipahami

  F.   Amanat


1. Kita tidak boleh putus asa
2. Kita tidak boleh berhenti bermimpi
3. Kita tidak boleh mendahului takdir
4. Harus menjalin persahabatan dengan baik
5. Kita harus bersyukur
6. Saling membantu dan menghargai sesama
7. Usaha harus beriringan dengan doa


Sekian dulu untuk artikel Resensi Novel Sang Pemimpi Lengkap Dengan Gambar kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kalian semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Resensi Novel Sang Pemimpi Lengkap Dengan Gambar dengan alamat link https://inovstudy.blogspot.com/2020/06/resensi-novel-sang-pemimpi-lengkap.html


EmoticonEmoticon