Cara Membuat Nugget Sendiri, Praktis dan Mudah

Baca juga


Cara Membuat Nugget Sendiri, Praktis dan Mudah

Cara Membuat Nugget Sendiri – Nugget adalah salah satu makanan yang sering sekali disukai anak-anak bahkan orang dewasa sekalipun juga sangat menyukainya. Pastinya anda sudah tidak asing lagi bukan dengan olahan makanan yang satu ini. Ya, olahan makanan yang terbuat dari daging ayam atau sapi ini memang memiliki cita rasa tersendiri dan sangat unik untuk dijadikan bahan camilan atau sebagai lauk untuk makan.
Nugget sendiri memang sangat banyak sekali dijual dipasaran. Namun dari pada anda membelinya dengan harga yang mahal, akan lebih baik jika anda membuat sendiri dengan kreasi bentuk yang unik dan lucu untuk anak atau untuk menu makan keluarga anda.
Membuat nugget sendiri sangat gampang sekali jika anda memiliki resep andalan untuk membuatnya. Namun bagi anda yang belum memiliki resep dan cara membuat nugget, anda tidak usah khawatir, karena dalam artikel berikut akan diberikan resep nugget paling enak dan mudah untuk anda.
Bahan utama untuk membuat nugget
  • ·         500 gram daging ayam atau sapi yang sudah di giling
  • ·         2 butir telur ayam dengan ukuran besar atau 3 untuk ukuran kecil
  • ·         5 siung bawang putih, haluskan
  • ·         Lada bubuk, secukupnya
  • ·         penyedap rasa, secukupnya (jika menyukainya)
  • ·         garam, secukupnya
  • ·         1 sendok teh garam dapur beryodium
  • ·         6 pcs roti tawar, hilangkan bagian coklatnya
  • ·         margarine, secukupnya
  • ·         160 gram tepung roti untuk lapisan nugget dan
  • ·         2 butir telur dengan ukuran besar

Langkah-langkah Cara Membuat Nugget
1.       Langkah pertama untuk membuat nugget ayam atau sapi adalah siapkan wadah dengan ukuran kecil yang berisikan air, rendam 6 pcs roti tawar dan tunggu hingga lembek, peras dan ambil ampasnya.
2.       Kemudian ambil lagi satu wadah lagi dengan ukuran yang cukup besar, kemudian masukkan 500 gram daging dengan 5 siung bawang putih yang sudah dihaluskan, tambahkan garam, penyedap rasa dan lada secukupnya.
3.       Campurkan dengan cara diuleni hingga semua adonan nugget tercampur rata.
4.       Lalu masukan ampas roti dalam adonan dan campurkan hingga rata.
5.       Pecahkan 2 butir telur ayam dalam adonan dan uleni lagi hingga rata.
6.       Ambil loyang, kemudian olesi dengan margarine, masukkan adonan dalam loyang sampai rata.
7.       Kukus adonan selama kurang lebih 20 hingga 25 menit dengan api yang kecil. Setelah matang dinginkan dan potong sesuai selera.
8.       Ambil wadah lagi, masukan 2 telur dan kocok lepas.
9.       Siapkan tempat untuk wadah tepung roti yang agak besar
10.   Siapkan wajan untuk menggoreng, masukan adonan nugget pada telur dan guling guling pada tepung roti baru di goreng.
11.   Goreng adonan hingga matang dan berubah warna menjadi kuning kecoklatan
Mudah bukan cara membuat nugget sapi atau ayamnya, anda juga bisa menyimpan beberapa adonan nugget lainnya untuk digunakan keesokan harinya dengan menyimpannya dalam lemari freezer. Untuk bisa mengkreasikannya dan tidak suka menggunakan daging, anda bisa menggantinya dengan tahu, tempe, ikan, seafood, dan lainnya sebagai pengganti daging untuk membuat nuggetnya.


Sekian dulu untuk artikel Cara Membuat Nugget Sendiri, Praktis dan Mudah kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kalian semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Membuat Nugget Sendiri, Praktis dan Mudah dengan alamat link https://inovstudy.blogspot.com/2017/12/cara-membuat-nugget-sendiri-praktis-dan.html


EmoticonEmoticon