Hukum Bacaan Mad Tamkin beserta Contoh Mad Tamkin di Alqur`an

Baca juga


Hukum Bacaan Mad Tamkin beserta Contoh Mad Tamkin di Alqur`an


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh..

Selamat Malam Sobat InovStudy. Oke, Pada kesempatan Kali ini saya akan share artikel tentang Mad Tamkin.

Mad Tamkin, merupakan salah satu sub dari bab Mad. Dalam mempelajari Mad Tamkin, terkadang akan muncul pertanyaan-pertanyaan seperti dibawah ini.
  •    Apa pengertian dari Mad Tamkin?
  •   Sebutkan huruf-huruf Mad Tamkin!
  •   Bagaimana cara membaca Mad Tamkin?
  • Sebutkan contoh-contoh Mad Tamkin diAlqur`an!

Nah, untuk menjawabnya, kita perlu mempelajari ilmu tajwid, khususnya tentang Mad Tamkin. Oleh karena itu, mari kita bahas Mad Tamkin secara bersama-sama disini.

A.     Pengertian Mad Tamkin

Pengertian Mad Tamkin secara bahasa, dapat diketahui dari arti lafadz-lafadznya. Mad Tamkin sendiri terdiri dari 2 kata, yakni:
Mad, yang berarti panjang
Dan tamkin, yang berarti menempatkan atau penetapan.

Sedangkan Mad Tamkin menurut istilah ilmu tajwid ialah, suatu hukum bacaan yang terjadi apabila ada yaa’ sukun yang didahului dengan yaa’ yang bertasydid dan berharakat kasrah.
Diatas tadi adalah pengertian Mad Tamkin secara bahasa dan istilah. Pertanyaan selanjutnya ialahbagaimana cara membaca Mad Tamkin? Oke, lanjuut sob!

B.     Cara membaca Mad Tamkin

Cara membaca Mad Tamkinbisa dibilang mudah tapi sulit. Mengapa? Karena terkadang banyak orang yang kurang memantapkan tasydid pada huruf yaa’-nya. Oke, cara membaca Mad Tamkin ialah dengan menepatkan tasydid dan mad thabi’i-nya. Agar lebih paham, dibawah akan saya sertakan contoh Mad Tamkin.

C.     Contoh Mad Tamkin

Contoh Mad Tamkin didalam Alqur`an ada banyak sekali. Sesuai janji saya diatas, maka kali ini akan saya sertakan contoh-contoh dari Mad Tamkin, sebagai bahan belajar, nantinya silahkan sobat cari lagi contoh bacaan . Berikut ini adalah contoh-contohnya.
·         النَّبِيِّيْنَ
·         حُيِّيْتُمْ


Sekian dulu untuk artikel Hukum Bacaan Mad Tamkin beserta Contoh Mad Tamkin di Alqur`an kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk kalian semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Hukum Bacaan Mad Tamkin beserta Contoh Mad Tamkin di Alqur`an dengan alamat link https://inovstudy.blogspot.com/2017/08/hukum-bacaan-mad-tamkin-beserta-contoh.html


EmoticonEmoticon